MENFORMAT
BULLET & NUMBERING, DROPCAP DAN LINE SPACING
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada bab ini akan dijelaskan mengenai
membuat dan menyimpan dokumen kerja, margin, memformat huruf dan paragraf,
bullet and numbering, drop cap dan kolom serta pengaturan jarak baris. Melalui
Penjelasan ini, Anda harus mampu:
4.1 Menformat bullet & Numbering sesuai
kebutuhan
4.2 Menyisipkan DropCap dan membuat kolom
sesuai keinginan dengan rapi
4.3 Mengatur
jarak baris menggunakan line spacing dengan tepat
B. URAIAN
MATERI
|
Tujuan Pembelajaran 4.1:
|
|
Menformat
bullet & Numbering sesuai kebutuhan
|
Bullets adalah
fungsi yang memberikan tanda bullets atau lingkaran pada setiap paragraf
sebelum tulisan kita. Bullets pada microsoft word tidak hanya berbentuk
lingkaran bulat saja tetapi kita juga bisa menggunakan fungsi lain yang sudah
di sediakan dalam program microsoft word seperi: tanda centang, kotak dan
lain-lain.
Numbering
adalah memberikan nomor atau angka pada setiap paragraf sehingga tulisan
akan tanpak urut sesuai dengan penomoran yang diinginkan. Numbering juga tidak
hanya angka decimal saja tetapi juga berupa angka romawi dan lain-lain.
Fungsi bullets and numbering pada microsoft yaitu
memberikan fungsi tanda bullets atau opsi lain dan juga memberikan penomoran
pada setiap paragraf. Dengan Bullets and numbering tulisan pada microsoft word
anda lebih rapi dan lebih menarik.
Cara menggunakan
Bullets and Numbering pada microsoft Word Menggunakan Fungsi Bullets.
1.
Pada menu Home di menu bar microsoft word
2.
Klik bullets pada
kolom paragraf
3.
Pilih bullets
yang anda inginkan, untuk lebih jelasnya lihat gambar.
Gambar
4.1. Pilihan Bullet
Menggunakan fungsi
numbering pada MS Word
1.
Pada menu Home di menu bar microsoft word
2.
Klik Numbering
pada kolom paragraf
3.
Pilih Numbering
yang inginkan.
Gambar
4.2. Pilihan Numbering
Jika
sudah mengetikan paragraf terlebih dahulu maka yang harus dilakukan adalah
memblok dulu paragraf yang akan dibuat bullets and numbering.
|
Tujuan Pembelajaran 4.2:
|
|
Menyisipkan DropCap dan membuat kolom
sesuai keinginan dengan rapi
|
Drop cap pada microsoft office word berfungsi untuk membuat
tulisan lebih besar dari pada yang lain. Dengan fungsi ini akan memberikan efek
tulisan lebih tebal dan lebih besar dibanding yang lain. Fungsi ini biasanya
digunakan pada saat permulaan suku kata, sehingga suku kata pertama pada sebuah
kata akan tampak lebih besar dibanding yang lain.
Gambar 4.3. Contoh Penggunaan Drop Cap
Dengan adanya drop cap tulisan kita akan lebih menarik
untuk dilihat , untuk membuat drop cap pada microsoft office word, ikuti
langkahlangkah berikut:
1.
Buka lembar kerja ms word
2.
Ketikkan kata atau kalimat pada lembar kerja ms word
3.
Selanjutnya blok huruf pertama,.
4.
Klik insert
pada menu bar, kemudian pilih Drop Cap
pada group Text.
Gambar
4.4. Pengaktifan Dropped
5.
Pilih Dropped dan lihat hasilnya.
Pada menu drop cap terdapat
pilihan none, Dropped dan In margin. Fungsi dari menu tersebut adalah:
•
None
berarti tidak memberikan efek drop cap pada text
•
Dropped
berfungsi untuk memberikan efek drop pada suku kata, akan tetapi efek drop cap
masih terdapat dalam margin.
•
In margin
berfungsi untuk memberikan efek drop akan tetapi huruf yang dipilih akan
terletak pada bagian samping margin.
Untuk menghilangkan efek drop cap
pada tulisan anda, ulangi langkah no. 4 kemudian pilih none. Selanjutnya jika
ingi membuat custom dari drop cap, anda bisa mengulangi langkah no. 4 kemudian
pilih drop cap option.
Dengan drop cap option kita bisa
memilih jenis huruf yang di gunakan dan besarnya huruf yang akan diberi efek
drop cap.
Column dan Tahapan
Mengaktifkan Column
Fungsi columns pada microsoft
office word berfungsi untuk membagi tulisan menjadi beberapa bagian sehingga
dalam satu lembar kerja terdapat tulisan yang dibagi-bagi menjadi sebuah
kolom.
Pada dasarnya kolom pada microsoft word dalam tampilan
default, hanya ditampilkan dalam satu kolom saja, akan tetapi dengan fitur
Columns yang ditawarkan oleh microsoft office word anda bisa membuat artikel
atau karya tulis menjadi beberapa kolom. Pembuatan kolom bisa membagi menjadi 2
kolom, 3 kolom, left kolom ataupun sesuai dengan keinginan. Untuk membuat
sebuah tulisan dengan beberapa kolom ikuti langkahlangkah berikut:
1.
Buka lembar kerja ms word anda yang sudah berisi
artikel yang akan dibagi menjadi beberapa kolom
2.
Blok tulisan yang akan di buat kolom. silahkan membuat
kolom untuk satu paragraf saja atau semua tulisan yang ada dalam lembar kerja
anda. jika anda ingin membuat kolom untuk semua tulisan yang ada pada lembar
kerja anda, anda tingga klik CTRL+A
untuk mem-blok semua tulisan, atau juga dapat menyeleksi sebagian saja.
3.
Selanjutnya klik menu page layout, kemudia pilih menu
columns pada grouppage setup.
Gambar 4.5. Blok Paragraf yang akan dibuat Kolom
4.
Pilih two
untuk membagi menjadi 2 kolom, three
untuk membagi menjadi 3 kolom, left untuk
membagi kolom dengan ukuran lebih kecil dibagian kiri danright unruk membagi kolom dengan ukuran lebih besar dibagian kanan.
Gambar 4.6. Hasil paragraf dengan
dua Kolom
5.
Untuk edit kolom yang sudah dibuat, ulangi langkah no.
3 dan pilih more columns
6.
Edit kolom dengan sesuai dengan keinginan.
|
Tujuan Pembelajaran 4.3:
|
|
Mengatur
jarak baris menggunakan line spacing dengan tepat
|
Line Spacing berfungsi untuk
mengatur jarak antara baris dengan baris yang terdapat pada paragraf
disesuaikan dengan keinginan user.
Tahapan Mengatur
Jarak Baris/Spasi Baris.
1.
Pilih/seleksi semua teks (Ctrl+A), klik tab Home menu. Klik tombol Paragraph
dialog box pada ribbon.
2.
Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab indents and spacing , kemudian tentukan
lebar spasi 1,5 lines pada line spacing. Klik tombol OK. Perhatikan hasilnya.

C.
SOAL LATIHAN/TUGAS
|
Latihan
|
Petunjuk Pengerjaan Tugas
|
|
Latihan Pertemuan 4
|
Ketikkanlah
dokumen berikut dan setelah selesai simpan dengan nama “Latihan3_NK.docx” . dengan ketentuan margin Top :2,5cm
bottom:2,5cm
Left:2,5cm dan right:2,5cm. Serta posisi
dokumen kerja adalah vertikal dgn ukuran kertas Legal
|









0 komentar:
Posting Komentar