PENGELOLAAN TABEL
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada bab ini
akan dijelaskan mengenai membuat dan memodifikasi tabel, mengaktifkan formula
untuk menyisipkan rumus sederhana.
Melalui Penjelasan ini, Anda
harus mampu:
5.1 Membuat Tabel sesuai kebutuhan
5.2 Mengatur
ketebalan garis, memberikan warna dan menggabungkan kolom dan baris sehngga
tampil menarik
5.3 Menyisipkan rumus sederhana menggunakan
Formula dengan benar.
B. URAIAN
MATERI
Tujuan Pembelajaran 5.1:
|
Membuat
Tabel sesuai kebutuhan
|
Tabel
adalah kumpulan dari beberapa baris dan kolom yang membentuk kotak-kotak.
tabel biasanya digunakan untuk membuat daftar atau list dari sebuah barang atau
nama. Pada tutorial microsoft word kali ini saya akan berbagi tentang cara
membuat tabel pada microsoft office word. Membuat tabel pada microsoft word
memang terbilang mudah, kita tinggal menentukan jumlah baris dan kolom sehingga
terbentuk kotakkotak yang akan kita isi. Untuk membuat tabel pada microsoft
word ikuti langkah-langkah berikut:
1.
Buka program microsoft office word
2.
Setelah aplikasi sudah terbuka dan sudah muncul lembar
kerja microsoft word
3.
Klik Insert pada menu bar
4.
Pada kolom tables klik anak panah kebawah.
5.
Anda bisa memilih jumlah kolom dan baris yang
diinginkan dengan mengeklik kotak-kotak.
6.
Atau anda juga bisa memilih insert table di bagian
bawah kotak-kotak.
7.
Pada jendela insert table tentukan number of coloum dan
number of rows.
8.
Kemudian klik OK
Jika anda sudah membuat tabel dan ternyata jumlah
baris pada tabel anda masih kurang, anda bisa mengeklik tombol tab pada
keyboard maka tabel akan bertambah secara otomatis dibawahnya.
Tujuan Pembelajaran 5.2:
|
|||
Mengatur ketebalan garis,
|
memberikan
|
warna
|
dan
|
menggabungkan kolom dan baris sehngga tampil menarik
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Tombol
Border
Pengaturan
dengan menggunakan tombol Border yang ada di grup Paragraph yang ada di ribbon
Home adalah yang paling sering digunakan.
Secara default, garis border tabel
yang disediakan berwarna hitam (automatic). Untuk mengganti atau menghilangkan
border bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat.
1.
Misalkan ingin mengelompokkan 5 buah baris/data dengan
cara menghilangkan garis datar (horizontal) yang menjadi pembatas baris
2.
Kita sorot / blok terlebih dahulu sel atau baris yang
akan diatur garis border nya.
3.
Kemudian klik ribbon Home lalu pada grup Paragraph
klik tombol dropdown untuk Border .
4.
Dari daftar tombol pengaturan garis yang disediakan,
klik tombol Inside Horizontal Border
.
5.
Garis pembatas antar baris yang ada akan menghilang.
Gambar
5.1. Pengaturan Border dengan Tombol Border
Pada daftar pilihan border ada 12 tombol yang bisa digunakan
:
1.
Bottom border
: garis pembatas / border bagian bawah
2.
Top Border :
garis pembatas / border bagian atas
3.
Left Border
: garis pembatas / border bagian kiri
4.
Right Border
: garis pembatas / border bagian kanan
5.
No Border :
tanpa garis pembatas/ border
6.
All Borders :
semua garis pembatas (border)
7.
Outside Borders :
semua garis pembatas / border bagian luar
8.
Inside Borders
: semua garis pembatas / border bagian dalam
(vertikal dan horizontal)
9.
Inside
Horizontal Border : semua garis pembatas / border bagian dalam yang
horizontal
10. Inside Vertical Border : semua garis
pembatas / border bagian dalam yang vertikal
11. Diagonal Down Border : garis border
diagonal yang menurun
(seperti backslash)
12. Diagonal Up Border : garis border
diagonal yang menaik (seperti slash atau garis miring)
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Draw
Borders
Mengatur tabel
dengan draw border merupakan alternatif yang dapat dipakai untuk mempercantik
tampilan tabel. kelebihan dari pengaturan garis dengan draw border adalah bisa
mengganti warna dan jenis garis border yang akan digunakan. Selain itu, melalui
fasilitas ini bisa melakukan perubahan secara visual langsung pada tabel
sehingga bisa langsung melihat baik buruknya perubahan yang terjadi.
Gambar 5.2. Hasil
Pengaturan Border dengan draw Border
1.
Pertama-tama klik pada tabel yang akan diubah. Hal ini
perlu dilakukan untuk memunculkan ribbon Design
pada Table Tools .
2.
Klik tab ribbon Design.
3.
Selanjutnya klik tombol dropdown pada Line Style
4.
Pilih jenis garis yang akan digunakan pada tabel,
misalkan pilih double lines(garis
ganda).
5.
Kursor mouse akan berubah menjadi pensil , mulailah menggambar garis pada tabel.
Gambar 5.3. Pengaturan
Border dengan Draw Border
6.
Tarik garis dari kiri ke kanan atau klik dari kiri lalu
drag ke arah kanan lalu lepaskan. Garis tersebut akan berubah menjadi garis
ganda (double). Saat proses dilakukan, akan melihat garis yang ada pada tabel
akan ditandai.
Gambar 5.4. Proses Pemberian
Garis Pada Tabel
Mengatur Garis Tabel Menggunakan Kotak
Dialog Border and
Shading
Cara ini sangat efektif dan relatif
cepat jika tabel yang akan kita atur bordernya memiliki pola penggarisan
tertentu, misalkan garis antar baris berupa garis putus-putus, garis setelah
kepala (header) tabel adalah garis double, dan lain sebagainya. Untuk lebih
jelasnya lihat contoh penggunaan dialog Border and shading berikut ini.
1.
Pertama-tama pilih tabel yang akan di atur. Sorot /
blok sel yang akan diatur bordernya, misal untuk semua baris data (kecuali
header).
2.
Setelah itu klik kanan pada area yang sudah di blok
tadi. Pada popup
menu yang
muncul klik Border and Shading
Gambar 5.4. Tahapan
Mengaktifkan Border and Shading
3.
Pada dialog
Border and shading , pilih tab Borders
4.
Selanjutnya pada bagian Setting pilih Custom
5.
Pada bagian Style
pilih garis ganda (double lines)
6.
Lalu pilih warna untuk garis tersebut, misalkan warna
merah (red )
7.
Lalu pada bagian Preview
, klik tombol untuk border bagian atas, klik sampai muncul / menjadi garis
ganda berwarna merah.
Gambar 5.6. Kotak
Dialog Border and Shading
8.
Selanjutnya untuk membuat garis pembatas antar baris
menjadi putus-putus, terlebih dahulu klik garis putus-putus yang ada di bagian Style
9.
Pastikan bahwa warna garis tersebut adalah Automatic atau hitam
10. Kemudian
klik tombol Horizontal bagian dalam sampai muncul garis putus-putus
11. Setelah
selesai, kik tombol OK .
Gambar
5.7. Tahapan Pemberian Garis pada Tabel
12. Border
tabel anda akan berubah menjadi garis ganda berwarna merah pada border setelah
kepala (header) tabel, sedangkan garis antara baris akan menjadi garis
putus-putus.
Tujuan Pembelajaran 5.3:
|
Menyisipkan rumus sederhana menggunakan
Formula dengan benar
|
Formula pada microsoft word adalah
tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word
seperti halnya pada rumus yang sering digunakan pada microsoft excel. Meskipun
tidak sedetail seperti pada microsoft office excel fungsi formula pada ms word
sangat membantu pengguna dalam penghitungan yang cepat dan akurat. Formula pada
ms word biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk
menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom
tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.
Untuk lebih
memahami penggunaan formula pada microsoft word, perhatikan gambar dibawah ini.
Pada saat kita
membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga
baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan
formula pada ms word. Karena seperti hanlnya pada microsoft excel, membuat
formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan dalam pembacaan cell pada
kolom tersebut. Cell pada kolom adalah pertemuan baris dan kolom dimana rumus formula
tersebut akan disisipkan.
Untuk lebih
jelasnya, ikuti contoh berikut ini untuk membuat formula pada microsoft word.
1.
Langkah pertama buat tabel pada microsoft word
2.
Selanjutnya isikan data sesuai dengan pada gambar
berikut.
3.
Kemudian letakkan kursor pada cell dimana rumus akan
diisikan.
4.
Selanjutnya klik layout pada menubar, kemudia pilih
formula pada group data.
5.
Maka akan muncul jendela formula.
6.
Isikan rumus atau formula pada menu formula, seperti
halnya pada contoh diatas kita akan mengalikan antara 2 da 3. Yang harus kita
pahami adalah letak dari angka 2 dan 3. angka 2 terletak pada cell A2 sedangkan
angka 3 terletak pada cell B2, sehingga kita akan membuat formula " =A2*B2
".
7.
Selanjutnya klik OK dan
lihat hasilnya.
8.
Untuk membuat rumus pada
bagian bawahnya, yaitu perkalian antara 4 dan 5, maka kita juga harus
memperhatikan letak cell antara angka 4 dan angka 5.
C.
SOAL LATIHAN/TUGAS
Latihan
|
Petunjuk Pengerjaan Tugas
|
Latihan Pertemuan 5
|
Ketikkanlah
dokumen berikut dan setelah selesai simpan dengan nama “Latihan4_NK.docx” . dengan ketentuan margin Top :2,5cm
bottom:2,5cm
Left:2,5cm dan right:2,5cm. Serta posisi
dokumen kerja adalah vertikal dgn ukuran kertas Legal
|






0 komentar:
Posting Komentar